Kamis, 04 Agustus 2011

TATA PERAYAAN PERKAWINAN KATOLIK DALAM MISA (Sesama Kristiani)


RITUS PEMBUKA

Penyambutan Mempelai

(Mempelai beserta rombongan berhimpun di depan pintu gereja atau tempat perayaan. Imam menyambut kedua mempelai di depan pintu itu dengan mengenakan busana liturgi berwarna putih atau warna pesta, dan didampingi putra-putri altar. Imam dapat memercikkan air suci kepada mereka dan kerabatnya). Ketika memerciki mereka, Imam dapat mengucapkan kata-kata berikut ini:

I      Semoga Allah memberi rahmat dan berkat, agar Saudara-saudari menghadap kepada-Nyadengan hati yang suci.
I    Selamat datang, Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan. Kita berhimpun di sini untuk mengawali perayaan perkawinan ……….dan ……………Gereja menyambut Saudara-saudarii dan ikut bergembira dalam perayaan kasih ini.

Wakil Keluarga menyampaikan  permohonan:
WK Rama/Pastor………yang terhormat, seluruh keluarga…………..dan………….hendak mengantar………dan………memasuki hidup perkawinan. Kami mohon agar perkawinan mereka dikukuhkan dan diberkati sesuai dengan ajaran dan tata perayaan Gereja Katolik.

I      Sekarang, marilah kita masuk ke rumah Tuhan dan menyerahkan seluruh harapan serta doa-doa kita kepada-Nya. Semoga kita boleh mengalami kasih setia Tuhan yang menghidupkan dan menguduskan kita, umat-Nya.


Perarakan

(Secara berurutan putra-putri altar, Imam, kedua mempelai, orang tua, saksi, dan kerabat berarak menuju depan altar dan kemudian menuju tempat masing-masing yang telah disediakan. Perarakan ini diiringi nyanyian)

Tanda Salib
I           Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U         Amin

Salam
I     Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus bersamamu.
U         Dan bersama rohmu.



Kata Pembuka
I       Saudara-saudari terkasih, khususnya keluarga dan sahabat kedua mempelai, dengan penuh sukacita kita berkumpul di rumah Tuhan bersama……………….dan……………….yang pada hari ini bermaksud meneguhkan ikatan kasih mereka dalam perkawinan suci. Bagi mereka hari ini sangatlah istimewa. Kita akan mendengarkan sabda Tuhan, yang ditujukan kepada mereka, namun juga kepada kita semua. Marilah menopang keinginan mereka dengan doa-doa yang tulus. Semoga Allah memberkati keluarga yang akan mereka bangun mulai hari ini.

Madah Kemuliaan (kecuali pada masa Adven dan Prapaskah)

Doa Pembuka

I           Marilah kita berdoa, (hening sejenak)
        Allah, Pencipta yang  penuh kasih, Engkau telah menuntun kedua mempelai ini dalam perjalanan untuk saling mengasihi. Kukuhkanlah cinta dan keinginan luhur mereka yang melandasi ikrar untuk saling mengikatkan diri di hadapan-Mu. Limpahkanlah rahmat-Mu atas mereka. Buatlah mereka pantas dan kudus, agar mampu menjadi tanda kehadiran-Mu yang nyata. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U         Amin


LITURGI SABDA

Bacaan Pertama
Kejadian 1: 6-28, 31a

Mazmur Tanggapan
Mzm 127 (128): 1-2,3, 4-5ac dan 6a

Bacaan Kedua
Ef 5: 2a, 25-32

Alleluya dan Bait Pengantar Injil

Ulangan:          Alleluiya

Semoga Tuhan yang menjadikan langit dan bumi, memberkati engkau dari Sion.

(untuk masa prapaskah):

Ulangan:          Terpujilah Kristus Tuhan, raja mulia dan kekal

Allah adalah kasih, hendaklah kita juga saling mengasihi, seperti Allah telah mengasihi kita.

Bacaan Injil
Mat 19:3-6
Homili

PERAYAAN PERKAWINAN

Mohon Restu
I           ……………………..dan…………………….
            Sebelum perayaan perkawinan Gereja kita laksanakan, kami persilakan kalian berdua terlebih dahulu menghadap kedua orang tua kalian untuk mohon restu bagi perjalanan hidup yang hendak kalian awali ini.

Pengantar
(Para Saksi Perkawinan berdiri mendampingi mempelai)
Di hadapan mempelai yang berdiri Imam menyampaikan pengantar:

Untuk kedua mempelai yang dibaptis secara Katolik/Kristiani:

I           Mempelai yang berbahagia, kalian datang di tempat ini untuk menerima berkat Tuhan, karena kalian berniat untuk saling mengikat diri dalam hidup perkawinan. Para pelayan Gereja dan saudara-saudari seiman hadir juga di sini untuk menyaksikan peristiwa penuh rahmat ini. Kristus memberikan berkat melimpah bagi cinta kalian sebagai suami istri. Ia telah menguduskan kalian dalam pembaptisan dan kini Ia memperkaya serta memperkuat kalian dengan Sakramen Perkawinan ini. Semoga kalian saling mempercayai dan melaksanakan kewajiban-kewajiban hidup perkawinan. Kini saya minta kalian menyatakan niat itu di hadapan Gereja.

Untuk kedua mempelai yang salah satu tidak dibaptis secara Katolik/Kristiani:

I        Mempelai yang berbahagia, kalian telah datang kemari dengan maksud untuk meneguhkan perkawinan kalian di hadapan pejabat Gereja dan disaksikan oleh umat beriman. Kristus akan memberkati dan mengukuhkan perkawinan kalian, agar kalian sanggup mengasihi dengan setia dan menunaikan tanggung jawab sebagai suami-istri. Maka sekarang saya minta supaya kalian menyatakan maksud dan isi hati dengan menjawab pertanyaan saya:

Pernyataan Mempelai

I           ……………dan……………..
            Sungguhkah kalian dengan hati bebas dan tulus ikhlas hendak meresmikan perkawinan ini?
M         Ya sungguh.
I           Selama menjalani perkawinan nanti, bersediakah kalian untuk saling mengasihi dan saling menghormati sepanjang hidup?
M         Ya, saya bersedia.
I        Bersediakah kalian dengan penuh kasih sayang menerima anak-anak yang dianugerahkan Allah kepada kalian, dan mendidik mereka sesuai dengan hukum Kristus dan Gereja-Nya?
M         Ya, saya bersedia.



Kesepakatan Perkawinan

I           Untuk mengikrarkan perkawinan kudus ini, silakan kalian saling berjabat tangan kanan dan menyatakan kesepakatan kalian di hadapan Allah dan Gereja-Nya.

Kedua mempelai saling menghadap, berjabat tangan kanan, dan sambil bergantian mengucapkan janji masing –masing

M Laki-laki      :Saya, ………………….., memilih engkau, ……………….., menjadi istri saya. Saya berjanji untuk setia mengabdikan diri kepadamu dalam untung dan malang, di waktu sehat dan sakit. Saya mau mengasihi dan menghormati engkau sepanjang hidup saya.

M Perempuan :Saya,……………………, memilih engkau,…………………, menjadi suami saya. Saya berjanji untuk setia mengabdikan diri kepadamu dalam untung dan malang, di waktu sehat dan sakit. Saya mau mengasihi dan menghormati engkau sepanjang hidup saya.


Penerimaan Kesepakatan Perkawinan

I           Semoga Tuhan memperteguh janji yang sudah kalian nyatakan di hadapan Gereja dan berkenan melimpahkan berkat-Nya kepada kalian berdua. Yang telah dipersatukan Allah, janganlah diceraikan manusia.
U         Amin.
I           Marilah memuji Tuhan.
U         Syukur kepada Allah.

Pemberkatan dan Pengenaan Cincin

I           Ya Tuhan, berkatilah +kedua cincin ini. Semoga kedua mempelai yang mengenakannya tetap bersatu dalam kesetiaan; tinggal dalam damai menurut kehendak-Mu; saling mengasihi dan menghormati. Semoga mereka selalu hidup dalam cinta kasih satu sama lain. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin
(Imam memerciki cincin-cincin itu dengan air suci)


I                                   …………………………..(nama mempelai laki-laki)
                                    Kenakanlah cincin ini pada jari istrimu sebagai lambang cinta dan kesetiaan.
M Laki             :………………………….(nama mempelai perempuan), terimalah cincin ini sebagai lambang cintaku dan kesetiaanku kepadamu.
I                       ……………………………(nama mempelai perempuan)
                        Kenakanlah cincin ini pada jari suamimu sebagai lambang cinta dan kesetiaan.
M Perempuan ……………………………(nama mempelai laki-laki), terimalah cincin ini sebagai lambang cintaku dan kesetiaanku kepadamu.


Penyerahan Kitab Suci, Salib, dan Rosario

(imam memberkati Kitab Suci, Salib dan Rosario,  dan kemudian Orang Tua kedua mempelai menyerahkannya kepada kedua mempelai)

OT       : Anak-anak yang terkasih, terimalah Kitab Suci, Salib, dan Rosario ini sebagai bekal perjalanan hidup Perkawinan. Baik dalam suka maupun duka, pergunakanlah semua ini dengan semestinya. Tuhan akan selalu mendampingi langkah kalian. Doa kami pun selalu menyertai kalian.

M         : Terima kasih.

Syahadat

Doa Umat

I           Saudara-saudari terkasih, Tuhan telah berkenan menyempurnakan dan menguduskan cinta……………..dan……………….., maka sambil mengenangkan anugerah kebaikan dan cinta istimewa yang telah mereka terima, marilah kita menyerahkan mereka kepada Tuhan melalui doa-doa ini.

L          Semoga……………………dan………………….yang baru saja dipersatukan dalam hidup perkawinan suci, selalu dikaruniai kesehatan jiwa dan raga. Marilah kita mohon.
U         Ya Tuhan, dengarkanlah doa kami.
L          Semoga Tuhan yang memberkati perkawinan di Kana melalui kehadiran-Nya, senantiasa juga menjaga pasangan ini agar selalu setia pada janji perkawinan mereka. Marilah kita mohon.
L          Semoga cinta mereka akan berbuah dan menjadi sempurna. Semoga mereka dapat saling mendukung dalam damai dan saling membantu, serta sebagai orang Kristiani, mereka dapat menjadi saksi Injil. Marilah kita mohon.
L          Semoga umat Allah tumbuh dari hari ke hari dalam keutamaan dan semoga semua orang yang berbeban berat mendapat kekuatan dalam rahmat suci Allah. Marilah kita mohon.
L          Semoga rahmat Sakramen Perkawinan dari semua pasangan suami-istri yang hadir di sini diperbarui oleh Roh Kudus. Marilah kita mohon.

I           Ya Tuhan, utuslah Roh cinta-Mu atas pasangan yang berbahagia ini, agar mereka menjadi sehati dan sejiwa. Jangan biarkan sesuatu mengganggu kebahagiaan mereka, karena Engkau yang telah memberkati mereka. Jangan biarkan pula mereka terpisah, karena Engkaulah yang telah mempersatukan mereka. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.






LITURGI EKARISTI

Doa Persiapan Persembahan

I           Ya Tuhan, terimalah kurban yang kami persembahkan untuk perjanjian perkawinan yang suci ini. Engkaulah yang memungkinkan pelaksanaannya. Semoga Engkau juga yang mengatur kelangsungannya dengan bijaksana. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Prefasi Perkawinan

I           Sungguh layak dan benar, pantas dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang kudus, Allah yang Mahakuasa dan kekal.
            Engkau menjalin janji perkawinan dengan tali kerukunan yang lembut dan dengan ikatan damai yang tak terputuskan, agar kesuburan yang murni dari pasangan-pasangan suci menambah jumlah anak-anak angkat-Mu.
            Sebab, oleh penyelenggaraan dan kasih karunia-Mu, ya Tuhan, secara mengagumkan Engkau mengatur agar keturunan yang dilahirkan untuk memenuhi bumi menambah jumlah anggota Gereja oleh kelahiran kembali dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
            Dengan pengantaraan-Nya, bersama para Malaikat dan semua Orang Kudus, kami menyanyikan madah pujian bagi-Mu dengan tak henti-hentinya bernyanyi/berseru:
U         Kudus, kudus, kuduslah Tuhan………………..

Doa Syukur Agung

Bapa Kami

Doa Untuk Mempelai

I           Saudara-saudari terkasih, marilah kita berdoa dengan rendah hati agar Tuhan berkenan melimpahkan anugerah berkat-Nya atas hamba-hamba-Nya ini yang sudah menikah dalam Kristus; dan yang sudah diikat-Nya dengan janji suci. (hening)

Imam merentangkan kedua tangannya di atas mempelai dan mengucapkan doa berikut.

I           Ya Allah, dengan kuat kuasa-Mu, Engkau telah menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan. Setelah mengatur awal mula alam semesta dan menciptakan manusia menurut citra-Mu, Engkau pun menetapkan bagi laki-laki seorang perempuan sebagai penolong yang tak terpisahkan. Mereka bukan lagi dua melainkan satu daging, dan Engkau mengajarkan bahwa yang sudah dipersatukan tidak pernah boleh diceraikan.
            Ya Allah, Engkau telah menguduskan ikatan perkawinan dengan misteri yang begitu luhur, sehingga dalam janji perkawinan Engkau memperlambangkan sakramen hubungan Kristus dengan Gereja.
            Ya Allah, di dalam Engkau perempuan bersatu dengan laki-laki, dan komunitas insani yang pertama, yaitu keluarga, dianugerahi berkat yang tidak bisa ditiadakan oleh apapun: tidak oleh kutukan dosa asal, tidak pula oleh hukuman air bah.
            Pandanglah dengan rela hamba-hamba-Mu ini, yang setelah menjalin persekutuan perkawinan, mereka tetap mengharapkan berkat dan perlindungan-Mu. Curahkanlah anugerah Roh Kudus ke atas mereka agar mereka tetap setia dalam ikatan perkawinan karena kasih-Mu yang dituangkan ke dalam hati mereka.
            Penuhilah hati hamba-Mu, ………………(nama mempelai perempuan), mempelai perempuan ini, dengan rahmat cinta dan damai. Semoga ia mengikuti teladan hidup perempuan-perempuan kudus yang dipuji di dalam Kitab Suci.
            Semoga hati suaminya tertambat padanya dan dia diterima sebagai teman hidup yang setara. Semoga ia mendampinginya dengan rasa hormat yang pantas dan senantiasa mencintainya, dengan kasih Kristus sendiri, yang mencintai Gereja-Nya.
            Maka kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, semoga hamba-hamba-Mu ini tetap tinggal dalam ikatan iman dan pelaksanaan hukum-Mu.
            Semoga mereka yang sudah dipersatukan sebagai suami-istri menjadi orang-orang terpandang karena kesempurnaan peri hidup mereka.
            Semoga mereka yang telah diteguhkan oleh Injil menjadi saksi Kristus yang baik di hadapan semua orang. Semoga mereka mendapat keturunan, menjadi orang tua yang patut dicontoh karena kebajikan, dan boleh melihat cucu-cicit mereka.
            Akhirnya, semoga mereka mencapai usia lanjut , dan masuk ke dalam kehidupan para kudus di dalam kerajaan surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.

Salam Damai

Pemecahan Hosti

Komuni

Doa Sesudah Komuni
I           Marilah kita berdoa.
            Ya Tuhan, kami telah mengambil bagian pada meja perjamuan-Mu. Kami mohon, semoga mereka yang telah dipersatukan dengan Sakramen Perkawinan senantiasa berpaut pada-Mu, dan memaklumkan nama-Mu kepada semua orang. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U         Amin.




RITUS PENUTUP

Berkat Meriah
I           Saudara-saudari, marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan memohon berkat Tuhan.

(hening)
I           Semoga Allah Bapa yang kekal memelihara kalian dalam cinta kasih dan kerukunan, supaya damai Kristus senantiasa tinggal dalam diri dan dalam rumah kalian.
U         Amin.
I           Semoga kalian diberkati dengan keturunan, memperoleh penghiburan dari para sahabat dan kenalan, dan hidup dalam damai sejati dengan semua orang.
U         Amin.


I           Semoga kalian menjadi saksi kasih Allah dalam dunia, dan berhati dermawan bagi mereka yang menderita dan berkekurangan, agar kelak mereka menyambut kalian dengan penuh terima kasih ke dalam kediaman Allah yang kekal.
U         Amin.
I           Dan semoga saudara sekalian yang hadir di sini diberkati oleh Allah yang mahakuasa: + Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U         Amin

Pengutusan
I           Saudara-saudari terkasih, dengan ini perayaan Ekaristi dan Perkawinan………dan…….sudah selesai.
U         Syukur kepada Allah.
I           Marilah pergi dan memberi kesaksian tentang kebaikan Tuhan.
U         Amin.


Berdoa di hadapan Bunda Maria

Mempelai laki-laki:
Santa, Maria, Bunda kami yang tercinta, hari ini hari yang sangat membahagiakan kami berdua. Kami telah berjanji untuk saling setia dan kami mau menempuh perjalanan hidup selanjutnya bersama-sama sebagai suami istri. Pada saat yang sungguh berarti ini kami memohon juga doa restumu, ya Bunda kami.

Mempelai perempuan:
Santa Maria, doakanlah kami, agar cinta kami tahan uji dalam segala suka dan duka hidup perkawinan. Semoga kami dapat membentuk rumah tangga yang sejahtera dan membangun keluarga yang bahagia. Ya Bunda yang baik hati, doakanlah kami pada Putra-Mu, Tuhan kami, Yesus Kristus.

Kedua mempelai bersama-sama:
Salam Maria penuh rahmat………………….


Doa di hadapan Keluarga Kudus dari Nazaret

Kedua mempelai bersama-sama:
Santo Yusuf dan Santa Maria, engkaulah pasangan hidup yang setia dan saling mengasihi. Karena keberanian dan kerelaanmu telah lahir ke dunia ini Putramu, Yesus Kristus, Tuhan kami. Bersama Yesus itulah keluargamu yang kudus dari Nazaret telah kami kenal dan menjadi teladan hidup rumah tangga kami.
Ya Yesus, Maria, dan Yusuf, dampingilah selalu kami berdua yang baru saja meneguhkan cinta kami dalam hidup perkawinan. Sinarilah kami dengan teladan keluarga kudusmu dan bimbinglah kami ke jalan damai sejahtera. Semoga Allah Bapa menjadikan kami keluarga yang suci.
Terpujilah Engkau, ya Yesus, cahaya mulia dari Allah Bapa. Terpujilah engkau, ya Maria, bunda dan perawan yang murni. Terpujilah engkau, ya Yusuf, ayah pengasuh yang setia. Terpujilah nama Yesus, Maria, dan Yusuf untuk selama-lamanya.
Amin.

Penandatanganan Surat Perkawinan

Kedua mempelai, para saksi, dan Imam menandatangani Surat Perkawinan gerejawi pada meja yang sudah disediakan di hadapan umat, bukan pada meja altar. Acara ini dapat diiringi nyanyian yang sesuai. Dapat pula acara ini dilaksanakan di sekretariat paroki menurut kebiasaan setempat.

Perarakan Keluar














Tata Perayaan Perkawinan ini dibuat berdasarkan Buku Tata Perayaan Perkawinan oleh Komisi Liturgi Konferensi Wali Gereja Indonesia, Juli 2011

2 komentar: